CARA MENGATASI SYSTEM IP CONFLICT DI JARINGAN KOMPUTER

Posted: June 10, 2012 in Informasi, software, technology, TIPS & TRIK
Tags:

Tadi pagi saya mengalami kejadian yang membuat pusing kepala ini .bagaimana tidak  soalnya disemua computer client di warnet tempat saya, muncul pesan System Ip Conflict with other computer yang  artinya  komputer –komputer tersebut mengindikasikan ada ip address yang sama . Padahal pada semua computer  sudah saya cek satu persatu ip address nya. Sudah jelas berbeda-beda dari range 192.168.1.2 – 192.168.1.15.

Karena panic computer client saya coba hidupkan berurutan , saya kira  komputer server yang bermasalah . kalau install server lagi butuh waktu yang agak lama padahal planggan sudah ngantri. Akhirnya semua client saya matikan dulu komputernya dan cari informasi ke tempatnya mbah GOOGLE akhirnya ketemua setelah klik  sana sini agak lama  , ternyata ini merupakan ARP spoofing, gak jelas apa ini virus atau malware tadi yang pasti antara dua itu .

  • Langkah pertama yang dilakukan adalah , download MALWAREBYTE dan juga jangan lupa update avg dikomputer server terlebih dahulu .
  • Langkah selanjutnya adalah cabut semua kabel LAN, lalu untuk giliran pertama scan komputer server dengan malware byte lalu disusul dengan AVG , selanjutnya ke semua client ( dalam posisis kabel LAN kecabut semua )
  • Nanti bisa ketahuan mana yang komputer suspect sebagai biang yang membuat System Ip Conflict , yang menyamarkan semua address mac komputer sama .
  • kalau ada salah satu komputer yang di scan dengan malwarebyte tidak bisa dibersihkan ( kasus saya kemaren sampai 200 erors ) dan ketika mau di bersihkan dia mendisable registry sendiri dan selalu restart2 terus, hajar saya tuh pc ! install ulang ! dari pada install ulang smua .
  • setelah semua pc bersih , langkah selanjutnya adalah untuk pencegahan . Kalau yang ini sih saya dapat dari tutorial di website lain . Catat semua mac address setiap komputer , dengan cara ketik ipconfig/all di prompt/dos . ( physical address merupakan mac address )

setelah di catat semua komputer, bikin Bat file dan namakan saja dengan antiarp.bat misalkan lalu dijalankan di startup di setiap komputer , sehingga setiap komputer nyala akan mengeksekusi antiarp.bat .

kalau belum tau cara jalanin di startup

maka ikuti langkah ini :

dari start menu klik kanan —> open —->program —> start up

lalu dari menu file pilih new — -> shortcut dan pilih antiarp.bat

selesai🙂

Dan ternyata akhirnya sembuh juga penyakitnya…..

Selamat siang duniaku…. Dunia online…

Semoga berguna ya..

Comments
  1. geekbanget says:

    wah arp ini berarti kumputerku -___-

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s